Minggu, 02 Oktober 2011

Sejarah RT.01 RW.XIII

Sejarah RT.01 RW.XIII Medayu Utara

Daerah Medayu Utara ini dulunya adalah sebuah rawa dan pertambakan, milik beberapa orang yang akhirnya di kavling-kavling melalui sebuah perusahaan komanditer.

Pada awalnya wilayah medayu utara ini hanya satu RT yaitu RT.08 masuk wilayah RW.III kelurahan Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Dengan berkembangnya wilayah dan bertambahnya penduduk maka wilayah Medayu Utara ini di mekarkan menjadi beberapa RT.

Pada tahun 1996 terbentuklah salah satu RT wilayah Medayu Utara ini yaitu RT.05 dan masih di wilayah RW.03.

Karena perkembangan wilayah Medayu Utara ini begitu pesat dan sangat luar biasa pertambahan penduduknya maka pada tahun 1996 ini juga terbentuklah wilayah sendiri berupa lingkungan Rukun Warga yaitu RW.IX, dari wilayah RW ini dibagi menjadi 11 RT.

Dari sinilah awal mula pembangunan dan perkembangan wilayah Medayu Utara ini terus berlangsung, dari pengurus RW & RT mulai memelihara asset-aset fasilitas umum seperti sarana Olah Raga, Makam, jalan-jalan dan lain sebagainya. Sehingga pada akhir tahun 2010 pemekaran wilayah RW.IX menjadi 17 RT.

Salah satu dari wilayah RW.IX ini ada RT.05 yang mana wilayahnya meliputi gang 17, 18, 19, 20, 22, 23, 25 . inilah cikal bakal wilayah RT.01 RW.XIII.

Wilayah RT.05 ini berlangsung mulai tahun 1996 – 2010 begitu pesat pembangunannya, mulai Pavingisasi jalan, mendirikan Mushola, terbentunya jaringan pipa PDAM dll, sehingga pada tahun 2010 terjadi pemekaran wilayah Medayu Utara ini menjadi 5 RW menjadi RW,IX, XI, XII, XIII, XIV.

Dari wilayah RT.05 yang dulu ini, dimekarkan menjadi 3 RT yaitu RT.1,2,3 RW.XIII sehingga wilayah RW.XIII ini memiliki wilayah 6 RT.

Dari sinilah wilayah kami terbentuk menjadi RT.01 RW.XIII yang mana wilayahnya meliputi gang 17 dan batas-batasnya yaitu :

-          Barat Selatan   : Timur makam ke Timur
-          Barat Utara     : Rumah Bpk. Rofi’I ke Timur
-          Timur Selatan  : Rumah Bpk. Slamet DIKO ke Barat
-          Timur Utara     : Barat gang 17A ke Barat

Jadi wilayah kami RT.01 RW.XIII ini memiliki wilayah ± 9.400 m² terbentang di jalan Medayu Utara gang XVII sepanjang ± 200 m.

Inilah sejarah terbentunya RT.01 RW.XIII yang dipimpin oleh Bapak Mulyono sebagai ketua RT.